Hidden Korean Street Food Place Jakarta


Sebenernya udah tau dari lama cuma baru minggu kesampaian ke K-Bunsik. Lokasinya bukan di pinggir jalan tapi ada di dalam supermarket Korea K-Mart di daerah Dharmawangsa. Gk ada petunjuk jelas untuk K-Bunsik tapi sudah banyak yang tau kok, pokonya langsung masuk ke dalam supermarket aja karena cuma satu lantai jadi pasti ketemu di pojok kiri. 

Tempatnya terbilang kecil tetapi cukup bersih, kalau hari biasa bisa dine-in tapi untuk weekend dan hari libur mereka cuma terima take away aja. Kalau diartikan bunsik itu adalah makanan dengan terbuat dari tepung dan biasanya harganya terjangkau. 

K-Mart Dharmawangsa

K-Bunsik
Menu yang ditawarkan adalah street food khas Korea, mulai dari tteokbokki, odeng, rapokki, gimbab, sampai bulgogi rice.  Kebanyakan menunya halal, walaupun ada menu non-halal gk perlu khawatir karena pembuatannya dipisah kok. Kalau pesan menu biasa semua dibuat di dapur depan sedangkan yang non-halal dibuat di dapur dalam. Kebetulan aku datang pas hari minggu jadi pesan untuk dibawa, Aku pesan tok-poki original, tok-poki pedas, gimmari, odeng, dan gimbab, Selain makanan ada juga beberapa pilihan minuman dan ice slush.




Buat yang belum tau, tteokbokki itu sejenis kue beras dengan tekstur kenyal yang dimasak dengan saus pedas manis. Mungkin bisa dibilang ciloknya Korea, hehe.. Untuk tok-poki di K-Bunsik ini ada dua pilihan yaitu original dan pedas bisa juga ditambah cheese topping. Tok-poki original punya rasa manis yang cukup kuat dan sedikit pedas, karena aku suka banget pedes jadi buat aku sii agak kemanisan, sedangkan Tok-poki pedasnya gk terlalu manis dan kuahnya sedikit lebih encer. Isian Tok-pokinya terdiri dari dari kue beras, fish cakes, wortel, dan kol. Aku pribadi kurang suka tteokbokki pakai kol jadi menurut aku bukan yang terbaik tapi tetep enak kok, bisa ngobatin kangen Korea juga kan. Makan tteokbokki gk lengkap tanpa gimmari, yaitu potato starch noodle yang dibungkus nori (seaweed) dan digoreng tepung. Seingat aku satu porsi isinya 7 pcs.

Terus aku juga cobain odeng, yaitu fish cakes soup. Harga odeng, Rp.10.000 per tusuk, lengkap dengan dipping sauce juga. Kuahnya ringan pas buat disruput kalo kepedesan makan tteokbokki

Yang menurut aku wajib dipesan kalo di sini itu cheese gimbap, pilihan lain ada gimbap biasa, tuna gimbab, dan modem-gimbap (tuna + cheese). Ukurannya cukup besar, ada 10 pcs, dan yang paling aku suka karena wangi sesame oil-nya berasa jadi keinget Kimbap Cheonguk di Korea. Kalau ditanya bakal balik lagi atau gk, kalo pas lagi di selatan boleh lah main ke sini, cocok kalo pengen jajan ala Korea karena kalau di Jakarta kan kebanyakan resto Korea BBQ trus kalo pesen tteokbokki juga porsinya agak gk nyantai. Kalo di sini enaknya bisa beli macam-macam menu buat sharing terus kalo mau side dish nih, di K-Mart jual berbagai macam kimchi juga jadi bisa banget beli sekalian.

Odeng (fish cakes)

Tteokbokki


menu K-Bunsik

Kalau pas kesini bisa sekalian lihat-lihat supermarketnya juga, biasanya aku suka beli bahan buat masakan Korea di Mu Gung Hwa di jalan Bumi. Aku sempat lihat-lihat juga di K-Mart, mulai dari sayur sampai bumbu-bumbu, dan akhirnya memutuskan buat beli garaetteok (rice cakes untuk tteokbokki), biasanya kalau gk langsung dimasak aku simpan di freezer jadi selalu ada stok.

Garaetteok di K-Mart Jakarta

K-Mart (Supermarket Korea)
Wijaya Grand Centre
Jl Dharmawangsa Raya no 43-44
Jakarta Selatan

Phone:
+6202122775486


Find me on:

Youtube and Instagram @heytheresia for daily food and travel updates

Comments

Popular posts from this blog

Resep: Salmon Mentai Rice | Beef Shirataki Mentai

Travel Guide to Seoul, South Korea 2015